\ Upload Data Semester Dua, Hasil Verifikasi Guru Langsung Berubah

Upload Data Semester Dua, Hasil Verifikasi Guru Langsung Berubah

Share on :
Akhir-akhir ini banyak yang mengeluh dan kecewa akibat sulitnya mengakses Pengecekan Data Guru. Saya sendiri juga kesulitan untuk membuka situs yang menjadi favorit para guru/PTK dan operator dapodik saat ini. Saya pikir tadinya apakah sistem sedang maintenance atau memang sengaja ditutup sementara. Ternyata tidak, web sebenarnya tetap masih bisa diakses, tetapi memang agak sulit.

Ada beberapa rekan rodajaman yang bertanya "kenapa web susah dibuka, kenapa lama sekali loadingnya, kapan kita bisa akses webnya, apakah web sudah ditutup, atau adakah alamat web pengecekan data guru selain http://116.66.201.163:8083/info.php#" Memang sayatidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, karena saya pun mengalaminya. Namun, ada juga yang berkomentar tentang hasil verifikasi datanya, berarti memang kadang-kadang web tersebut bisa dibuka, tapi kadang-kadang juga sulit.

Seperti pada posting tentang Sudah Saatnyakah Update Data Dapodik untuk Semester Dua? Sayapun tadinya agak ragu untuk mengirim/mengupload/mengupdate data semester dua, ragu dan takut nanti data yang sudah valid akan jadi bermasalah akibat data semester satu yang bertumpuk dengan semester dua. Juga ragu karena hampir semua web pendataan yaitu P2TK, info pendataan, dan manajemen pendataan sulit diakses. Namun..sesuai informasi di infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id bahwa agar segera mengirim data semester dua, maka saya segera melengkapi data semester dua. Memang data semester dua sudah saya persiapkan sebelumnya, dengan melakukan perbaikan sedikit dan melengkapi data yang kurang. Untuk diingat, bahwa dalam mengisi aplikasi semester dua, yang paling penting adalah perlunya mapping kembali rombongan belajar yaitu data peserta didik dan PTK mengajar.

Akhirnya tibalah saatnya, tanggal 25 Maret 2013 saya mencoba upload data (kenapa tanggal 25 karena saya dengar sinkronisasi dilakukan setiap tanggal 26, jadi kalau ingin cepat sinkron upload sebelum tanggal 26 setiap bulannya), alhamdulillah sukses uploadnya, kemudian langkah berikutnya cek di infopendataan.dikdas, tapi .. yah..lagi-lagi gagal membukanya, akhirnya saya tunda, dan keesokan harinya barulah saya lihat di infopendataan ternyata data sudah dalam status cek konversi, berarti tinggal selangkah lagi sampai berhasil diproses, kemudian langkah berikutnya membuka Manajemen Pendataan, tapi sulit juga, karena membuka situs ini juga gampang-gampang susah, jadi saya putuskan besok-besok saja. Akhirnya selang tiga hari, saya iseng mencoba langsung ke Pengecekan Data Guru atau Verifikasi Data Guru..eh..tumben, dapat masuk dengan lancar di situs ini. Dan .. ternyata hasilnya langsung berubah.. padahal statusnya masih Cek Konversi. Dan perubahan ini membuat saya lega dan senang, ternyata data semester dua sudah langsung diterima dan sinkron di P2TK. Alhamdulillah dari 13 guru yang saya cek semuanya tidak ada yang bermasalah. Semoga SKTP segera terbit..tapi saya juga tidak tahu kapan SKTP akan diterbitkan. Kalau ingin melihat contoh hasil pengecekan berikut ini screenshootnya..




Di halaman hasil pengecekan data guru, pada bagian atas sekarang ada keterangan Info Data PTK
Menurut data yang diupload ke Pendataan Pendidikan Dasar Tanggal pengiriman terakhir: 25-03-2013 pukul 10:22
, untuk meyakinkan hasil verifikasi sesuai data yang dikirimkan, dan pada bagian bawah ada keterangan status NUPTK. Oiya..kalau kita coba cek dapodik melalui manajemen pendataan, yang terlihat adalah data semester dua. Setelah kita login kemudian membuka menu sekolah, akan ada peringatan seperti di bawah ini...



Maka dari itu, kepada semua rekan guru, PTK, dan operator dapodik, saya sarankan agar segera memperbaiki datanya, dan mengupload data semester dua, ingat gunakan aplikasi dengan versi 1.13.0.1 sesuai instruksi. Untuk para operator dapodik, dalam mengerjakan aplikasi harus konsentrasi jangan terpengaruh dengan desakan dari pihak manapun. Kepada para guru/PTK, jangan panik, jangan was-was, dan jangan galau, kalaupun datanya belum bisa dilihat, atau belum valid kan masih ada waktu untuk memperbaiki. Terimakasih. Salam Persahabatan.

Anda sedang membaca artikel yang berjudul Upload Data Semester Dua, Hasil Verifikasi Guru Langsung Berubah. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Upload Data Semester Dua, Hasil Verifikasi Guru Langsung Berubah ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Upload Data Semester Dua, Hasil Verifikasi Guru Langsung Berubah sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

66 comments:

  1. Terima kasih berbagi infonya ini sahabat

    BalasHapus
  2. Trimaksih, sobat telah banyak membantu

    BalasHapus
  3. Pak agus saya pernah download draf juknis sertifikasi 2013,apakh pak agus dah pernah membacanya dan apakah yg finalnya dah keluar apa belum ya?kmrn saya download di www.suarapendidikan.com.di draf juknis itu dinyatakan bahwa mekanisme penerbitan SKTP 2013 dengan dua cara digital dan manual

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bu..sudah mau sy post blm sempat..yg asli blm dpt nih..klw ada tlg infokan disini ya

      Hapus
  4. salam n selamat sore..
    maaf, untuk mengganti ke semsester 2 kitakan harus lwt aplikasi pendataan..
    pd login aplikasi apa prlu kita mengganti semsester 2 2013. apakah smua data guru dan peserta didik semuanya akan pada hilang ?(menulis dr awal lg smster 1)
    atau kita tinggal melengkapi data yg kurang saja ?
    mksh, tlong saranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ganti dan pilih semester 2 2012/2013..nanti tnggl isi rombel, psrta didik dan ptk mngjr

      Hapus
  5. gimna mau lihat data smt 2 webnya ja lom bisa di buka

    BalasHapus
  6. Terima Kasih sahabat,,saya pun udh upload dapodik semester 2 nya syukur berhasil juga.

    BalasHapus
  7. Pak Agus, sy pernah mengganti semester 2 nyna sj, ternyata mau mendrag ptknya malah nggak mau masuk d rombel, gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di riwayat terdaftar isi lagi nama sekolahnya harus online

      Hapus
    2. saya tidak mengerti pak agus, saya menghadapi permasalahan yang sama dengan ismi, tidak mau di drag, pusing.....

      Hapus
  8. kenapa upload data kami yang terbaru pertanggal 26 maret 2013 jumlah ptk nya masih 1 pak.
    yang saya NUPTK 1162761662200003
    tgl lahir 1983 - 08 - 30
    belum bisa di buka keterangan selalu pasword tgl lahir salah.
    mohon penjelasan nya pak. mksh

    BalasHapus
  9. mas agus saya udah kirim ke server dapodik untuk semester 2, kemudian saya lihat hasilnya di infopendataan kok muncul cek konversi, apa maksudnya, trim

    BalasHapus
  10. di sekolah kami semua sudah valid dan sudah terbit SKTP, hanya 1 yang belum yaitu kepala sekolah, kenapa ya? mohon penjelasannya pak. mkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 kenapa menurut anda..apa jabatan kepsek blm terhitung atau jam mengajarnya blm masuk

      Hapus
    2. di pengisian rombel KS mengajar kelas 4, 5, 6 masing-masing 2 jam berarti KS punya 6 jam mengajar, tugas tambahan sebagai KS 18 jam berarti sudah 24 jam. tapi kenapa kg masih belum valid? apa karena BIDANG SERTIFIKASINYA GURU KELAS, mengajarnya cuma 6 jam jadi tidak valid? gmana pak jadi bingung saya.. kira-kira apanya ya? mkasih.

      Hapus
  11. pak agus saya buka aplikasi pendidikan kok di tampilan masih yang lama padahal saya udah upload mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  12. kenapa di tampilan dapodik masih yang lama padahal saya sudah upload.apakah saya harus menginstal lagi ? mohon pencerahannya trimakasih

    BalasHapus
  13. saya sudah kirim data dari semester 2 tapi setelah di cek, data semua guru jjm nya kosong semua cuma kepala sekolah saja yang jjm nya 18. bagaimana cara memperbaiki data di dapodiknya? mohon bantuan....

    BalasHapus
  14. saya sudah mengirim data dapodik di semester 2 tetapi setelah di cek vrifikasinya, data guru-guru itu jjmnya kosong semua cuma kepsek saja yang terisi jjm 18. mohon bantuan untuk memperbaiki nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada kesalahan di pengisian rombelnya

      Hapus
  15. assalamu'alaikum wr wb
    Saya sudah sering melakukan update aplikasi tapi belum pernah berhasil, mengapa ya?

    BalasHapus
  16. mardiyah puspitawati14 April 2013 pukul 12.52

    perbaikan dapodik bulan april ini masih bisa gak ya? makasih jawabannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaikan dapodik masih bisa dilakukan

      Hapus
  17. assslm, data sudah di upload tetapi blm bisa dilihat apa sebabnya

    BalasHapus
  18. Pa Agus, saya sudah upload data semester 2 dan statusnya sudah cek konversi tahap 2 tapi kok di infopendataannya belum berubah ya Pa? saat di semester 1 PTK-nya cuma ada 10, ada penambahan PTK di semester 2 tapi di infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id jumlah PTK nya masih 10.

    Mohon pencerahan. Maturnuwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu sampai berhasil diproses
      atau cek lagi di aplikasi data semester 2, jgn2 datanya sama dengan sem.1

      Hapus
  19. Operator sekolah menguploud perbaikan data tanggal 6 Apr 2013 dan sampai saat masih tetap cek konversi (tahapII). Pada tahap cek konvrs ini, pada pendataan pendas. datanya belum berubah. Apa yang salah? Pada resah nih, karena pd upload ke-1, dari semua guru yang valid hanya KSnya saja. Mohon Penjelasan !!

    Terima kasih.( SMP 2 Panggang Gunungkidul )

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg salah pasti didapodiknya, coba bandingkan dengan data kepseknya yang sudah valid, knp bisa valid, dan kenapa guru lain tdk valid
      klw belum berubah berati data belum berhasil diproses, tunggu saja, klw sudah yakin dapodiknya benar, pasti SK akan keluar

      Hapus
  20. SDN 08 GOA BOMA PD BLN MARET 2 KALI MENGIRIM DATA SEMESTER KE 2 DAN BLN APRIL 1 KALI, SETELAH DICEK MASIH SEMESTER SATU YANG MUNCUL, APA SEBABNYA

    BalasHapus
  21. saya sudah menguploud perbaikan data pada bln maret semester II setelah dicek blm ada perubahan masih semesetr I, BLN APRIL SAYA APLOUD LAGI cek di konversi masih semester I. apa sebabnya, padahal diserver DATA DITERIMA DAN SEDANG DIPROSES, mohon penjelasan, Dewan guru pada khawatir takut tunjangan segala tidak diberikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. krn data blm sampai tahap berhasil diproses..tdk usah khawatir,klw yakin dapodik sdh benar,SK pasti keluar

      Hapus
  22. di bulan april ini saya sudah berkali-kali perbaiki data d uploud, tapi setelah dicek kok yang muncul masih data lama semester 1, jadi pusing gimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim sekali yg benar2 valid,klw sdh yakin valid, tinggal tunggu SK

      Hapus
  23. Mas RoJa,Saya operator smp di Jember lagi punya masalah nih.
    1. Setiap Upload data status selalu tertulis : Data diterima Via Aplikasi (Tahap I),dan setelas melalui proses menjadi (Tahap II).
    2. Pada Cek Data : Ada yang datanya Tahap I juga ada yang datanya Tahap II apa iya ?
    3. Menurut operator Dinas Pendidikan Aplikasinya harus Versi yg plus
    4. Dengan Kondisi ini sehingga ada 6 guru yang tidak memenuhi syarat pada SK Dapodik.
    Wal hasil Saya menjadi tumpuan kekesalan mereka ...gimana mas jalan keluarnya Tolooooooooooooong !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini mas..
      1. tunggu saja,sampai berhasil diproses,gak usah kirim lagi dulu
      2. server sdg sibuk,data sdg diproses
      3. aplikasi yg terakhir versi 1.13.0.1
      4. beri penjelasan,tunggu saja,klw memang data sdh benar2 valid,pasti SK akan keluar

      Hapus
  24. Mas agus coba dicek lagi di Cek Data Guru kenapa tampilan sudah berubah lagi tidak seperti pada waktu per bulan maret untuk jam Liniernya bulan lalu saya sudah kirim dengan JJM Matematika 6 Jam diterima kenapa skarang Rombel sudah tidak normal lagi.... mohon penjelasan dan mohon berikan link resmi untuk mencari informasi mengenai dapodik dan sistemnya kenapa sering terjadi perubahan di cek data guru! mohon infonya mas! salam kang sugi

    BalasHapus
    Balasan
    1. link webnya masih tetap yg dulu, klw memang ada perubahan tunggu saja,nanti juga berubah sendiri,yakinlah data sudah masuk,dan tinggal tunggu waktunya saja

      Hapus
  25. pak kenapa jumlah jam mengajar saya belum valid padahal jumlah jam mengajar saya sdh 24 jam
    NUPTK : 5542740641300082
    pass : 19620210
    di sekolah saya tinggal saya yang belum valid
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  26. pak kenapa jumlah jam mengajar saya belum valid padahal sy sdh 24 jam
    NUPTK : 5542740641300082
    pass : 19620210
    mohon bantuannya bagaimana cara memperbaikinya karena hanya saya yg belum valid di sekolah trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diamati diteliti,mungkin ada kesalahan pengisiannya,atau barangkali mapel tidak linier dg sertifikat jd jam mengajar belum sesuai

      Hapus
    2. operator sekolah sdh beberapa kali perbaiki tapi belum jg Valid.

      Hapus
  27. pak kenapa jumlah jam mengajar saya belum valid padahal sy sdh 24 jam bagaimana cara memperbaikinya
    NUPTK : 5542740641300082
    pass : 19620210
    mohon bantuannya krn hanya saya yg belum valid di sekolah . trims

    BalasHapus
  28. asskum, nuwun sewu pak, kira2 teman2 yang sudah bisa buka pengecekan data guru, buka web nya sekitar jam berapa ya? soalnya sudah coba buka terus tapi belum bisa..suwun

    BalasHapus
  29. Ass, apa data dapodik ini hanya sekolah dibawah naungan diknas, karena saya cek sekolah madrasah dibawah naungan dep. agama tidak ada? Apa ada web tersendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf bu, coba di website kemenag
      dapodik khususn pendataan dikdas kemdikbud

      Hapus
  30. ass.wr.wb. bgmna cara mengganti aplikasi dg versi terbaru, mohon bantuan bapak. trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. download aplikasinya di infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

      Hapus
  31. mohon bantuan gan. kemana saya harus mengadu dalam kasus sbb :
    mengajar TIK kode mapel 224, sertfikasi tahun 2007 mapel TIK kode 110. setelah di cek datanya ternyata kode mapel 125 sehingga meskipun mengajar 30 jam tetap status JJM tidak linier. saya sudah memasukkan data ke aplikasi dapodik sesuai dokumen yang ada. tapi hasilnya seperti itu.
    mohon bantuan informasinya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemberkasan manual saja, hubungi dinas setempat

      Hapus
  32. selamat malam pak agus..
    pak knpa data saya dicoba berulang kali tidak bisa login pada cek PTK selalu jawabannya NUPTK tidak ditemukan..
    NUPTK. 9935740643300012
    pasword. 19620603
    saya sudah bersertifikasi jadi saya khawatir SK saya tidak keluar dan saya juga sudah berulang kali mencoba mengupload ulang tapi tidak ada perubahan...

    kemudian mengapa data milik guru2 saya JJM ny tidak valid dan semesternya tetap saja semester 1 ketika saya cek d verifikasi PTK...
    padahal data tersebut sudah benar dan berulang kali di upload dan diganti semester 2...
    guru2 saya khawatir terutama saya...

    terimakasih.
    mohon bantuan nya..

    BalasHapus
  33. maaf ni pa agus setiap saya exspor,impor data PTK,Siswa hasil nya tidak sempurna padahal datanya sudah saya isi semua pas saya impor malah suka ada yang kosong

    BalasHapus
  34. profil sekolah, sarana, prasarana, data PTK, data peserta didik dan rombongan belajar telah terkirim dan berhasil diproses beberapa kali, Ketika di cek di INFO PENDATAAN , mengapa hanya data rombongan yang tidak tampil. Mohon solusinya, terutama Rombongan belajar SD saya pak.
    Sekian dan terima ksih.

    BalasHapus
  35. untuk kabupaten cirebon jawa barat ko tidak ada daftar nama sk tunjangan profesi, mohon upload untuk kabupaten cirebon.

    BalasHapus
  36. kapan perbaikan data dapodik dapat dilihat hasilnya?

    BalasHapus
  37. akhir2 ini kok sulit ya untuk login ke http://223.27.144.195:8082/info.php#.
    mohon solusinya,,

    BalasHapus
  38. http://223.27.144.195:8081/info.php nie alamat dapodik yang baru aq pake

    BalasHapus
  39. Untuk mengirim data...ap sih yang dplih di dapodik....kirim ke server atau backup data????

    Aku plih kirim tp yng muncul, slahkan validasi..stelah validasi,,,semuanya beres. aku klik kmbli linkx,,kog mlah dsruh clean up..itu kan menghapus!!!

    bingung akuuu....

    BalasHapus
  40. pak agus saya sudah kirim data semester 2 tapi setelah di cek ko msh data semester 1 khusus yang sertifikasi di Rincian Jam Mengajar msh semester 1, tp untuk yg non sertifikasi data sudah berubah menjadi semester 2. walaupun untuk yg sertifikasi sudah keluar SK Semua pada saat semester 1 tapi seharusnya di semester 2 juga berubah karena yg non PNS saja berubah.

    mohon bantuanya...?

    BalasHapus
  41. Pak agus saya juga sudah kirim data semester 2 tetapi yg berubah hanya sebagaian guru saja padahal sy cek pendataan dapodiknya sudah berhasil,dan rombelnya sdh benar anehnya yg sebagian guru termasuk saya kembali ke data lama yang sy kirim dan sebagian guru sudah smt 2 dan saya lihat di p2tknya tanggal pengriman sudah yg terbaru namun isinya ada guru yg smt1 dan ada guru yg isinya smt2

    BalasHapus
  42. pertanyaan saya persis dengan apa yang ditanyakan pak HARIYANTO (29 Mei 2013), tentang sebagian sudah semester dua sebagian masih semester satu,data sudah dari pengiriman yang terbaru yang berhasil diproses....mohon pencerahan boz, matur thank you.

    BalasHapus
  43. Data saya valid selama 2 periode ini sehingga dapat menerima tunjangan sebanyak 2 kali.
    Namun menakjubkan tiba-tiba data berubah sendiri menjadi tidak valid, padahal operator sekolah maupun kepala sekolah tidak merubahnya. Hal ini tentu saja berdampak kepada tidak diterimanya tunjangan sertifikasi periode ketiga kemarin. Lebih herannya lagi, beberapa teman dengan keadaan yang sama yaitu tidak valid dikarenakan rombel yang berantakan namun setelah bertemu dengan operator diknas dan menyerahkan "sesembahan" alias uang sogokan, rombel menjadi benar kembali dan data menjadi valid kembali pula. Walhasil dana bisa diterima oleh mereka.

    Apakah saya harus melakukan hal demikian pula?

    BalasHapus