\ Alternatif Pengecekan Data Guru Selain http://116.66.201.163:8083/info.php#

Alternatif Pengecekan Data Guru Selain http://116.66.201.163:8083/info.php#

Share on :
Sejak digulirkannya program dapodik, dan diluncurkannya alamat website http://116.66.201.163:8083/info.php, sebagai media pengecekan dan verifikasi data guru, sungguh sebuah pelajaran dan pengalaman yang berharga, betapa tidak, sepertinya semua konsentrasi tertuju pada dapodik, baik itu satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, pengawas, maupun instansi pendidikan, karena kelengkapan data pada dapodik menjadi dasar diterbitkannya SK Aneka Tunjangan.

Sejak saya posting Cek Kualitas Data Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id, sejak itu pula rodajaman kebanjiran pengunjung. Bayangkan setiap harinya saya harus menerima 100-an komentar yang masuk, belum lagi pesan melalui email. Jadi, mohon maaf, jika komentar saya moderasi, karena saya ingin mengontrol jumlah komentar yang masuk, dan banyak sekali komentar dan pertanyaan yang belum sempat saya jawab. Tapi Insya Allah dengan segala keterbatasan, saya akan mencoba menjawab semua komentar dari anda, dan demi kenyamanan anda, saya mohon pula agar dapat berkomentar pada posting terbaru saya, karena jumlah komentar pada posting lama saya tentang dapodik rata-rata sudah diatas 300 komentar.

Alamat website p2tkdikdas.kemdikbud.go.id, menjadi incaran para pemilik kepentingan yang ingin mengetahui status datanya. P2TK Dikdas memberikan alamat web untuk pengecekan data guru melalui http://116.66.201.163:8083/info.php# namun akhir-akhir ini, dengan banyaknya yang mengakses, terkadang sulit untuk membukanya.

Nah.. kalau anda biasanya coba cek verifikasi data PTK di http://116.66.201.163:8083/info.php# mungkin agak kurang lancar, tapi sekarang ada alternatif lain selain alamat yang biasa kita gunakan. Alamat alternatif untuk pengecekan data guru adalah http://223.27.144.195/info.php, mungkin dengan adanya alamat website dengan IP Adress http://223.27.144.195/info.php, bisa meringankan beban server. Lalu, caranya gimana, ya langsung saja menuju alamat tersebut, dan lakukan seperti biasa yaitu dengan memasukkan NUPTK dan tanggal lahir. Kalau berhasil login maka akan keluar info data PTK yang berisi 20 field data yang harus valid sesuai dengan persyaratan tunjangan.

Demikian dulu, informasi dari saya, kapan-kapan disambung lagi, terimakasih dan salam persahabatan.


UPDATE

sekarang kalau anda masuk di http://116.66.201.163:8083/info.php#, anda akan diberikan alternatif pengecekan data guru, silakan coba semua...


LAYANAN LEMBAR INFORMASI DATA GURU P2TK DIKDAS TELAH BERPINDAH ALAMAT KE :
Info (Mirror 1) | Info (Mirror 2)
Info (Mirror 3) | Info (Mirror 4)




Anda sedang membaca artikel yang berjudul Alternatif Pengecekan Data Guru Selain http://116.66.201.163:8083/info.php#. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Alternatif Pengecekan Data Guru Selain http://116.66.201.163:8083/info.php# ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Alternatif Pengecekan Data Guru Selain http://116.66.201.163:8083/info.php# sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

55 comments:

  1. mas,sy operator dapodik SD.punya KS saya sampai saat ini datanya belum valid.sesuai pengecekan PTK yg terakhir total JJM tertera 18 jam, rincian JJM, pada kolom JJM 24 jam kolom KTSP 18 jam, dan kolom Linear 18 jam. kemudian dibawah pada data kelulusan tertulis data kelulusan tidak ditemukan, jika ybs telah lulus sertifikasi pastikan NUPTK pada data kelulusan dan dapodik valid.padahal setelah sy cek dg NRG milik ybs sdh cocok.mohon bantuannya mas,yg mana yg harus sy cek dan perbaiki.Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicek lagi dg teliti
      1. NUPTK
      2. NRG
      3. Nomor sertifikat pendidik
      4. tahun lulus sertifikasi
      5. kode bidang studi sertifikasi

      Hapus
    2. sudah sy cek mas semuanya dah benar, trus gimana ya jalan keluarnya?sy sendiri sdh konfirmasi ke KK DATADIK kabupaten dan bagian ketenagaan yg mengurus sertifikasi, tapi semuanya sama tidak ada data yg salah diimput.kalo boleh mohon bantuannya mas agar data dapodik KS sy valid???trims bantuannya.

      Hapus
    3. kasus KS sy sama pak. untuk NUPTK lama 99999xxxx harus diubah ke NUPTK baru, kita harus datang ke KK DATADIK kabupaten. Sy jg masih nunggu hasilnya pak,smoga valid.

      Hapus
  2. Pak BOs Pada data dapodik punya SD kami kok di bagian rombel kok masih ada tanda bintangnya dua, padahal pada rincian rombel sudah kami isi

    BalasHapus
  3. Maaf Pak nanya! Data dapodik sekolah sy upload tgl 9 Apr berhasil diproses,pd pendataan dikdas saya lihat sudah ada perubahan (sesuai dg perbaikan terakhir). Tetapi mengapa setelah saya masuk ke pengecekan data guru, justru yang muncul data upload sebelumnya (2Feb). Apa masalahnya? Terus terang sy bukan operator, makanya saya bingung.Tanya operatornya juga tak tahu. Mohon solusi ! Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data yang terkirim melalui Aplikasi Pendataan, harus dikawal dengan sering-sering mengeceknya

      Hapus
  4. Selamat malam admin, pak untuk guru bukan sertifikas jumlah total jam mengajarnya ko' nol, solusi nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru yang belum bersertifikasi memang JJM-nya 0 alias datanya tidak VALID, karena Tunjangan Profesi HANYA diberikan kepada Guru yang sudah BERSERTIKASI

      Hapus
  5. Achunp : owh gitu ya . terima kasih ya atas informasi nya.

    BalasHapus
  6. saya sertifikasi tahun 2008 dan terjadi kesalahan dalam menulis NUPTK tidak sama dengan yang ada di sekolah dan NRG juga gak ada ,gimana cara memperbaikinya. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake nuptk yang diberikan dinas dalam bentuk kartu nuptk, kalo msh salah laporkan ke dinas dengan membawa print out verifikasi data online

      Hapus
  7. JUMLAH MENGAJARNYA SDH 24JAM TAPI JUMLAH KESELURUHAN DLM SEMINGGU 38 JAM.JADI PD BAGIAN NORMAL DIDLM PTK MENJADI MERAH DAN KETERANGANNYA TIDAK.BAGAIMANA ITU,APAKH MASIH HARUS DIPERBAIKI ?

    BalasHapus
  8. Ass, Pa agus saya kebingungan dengan dapodik saya, jjm sesuai saya masih kosong pa, dan untuk poin ke 17 di cek data ptk saya tidak tercantum (dari no 16 loncat ke no 18). Saya punya 2 NUPTK ada yang lama (99999999...) kemudian yang baru tertera di kartu nuptk dari LPMP. kemudian saya kirim dapodik saya dengan NUPTK yang baru, tetpi masih saja belum valid pa....... mohon petunjuk pa? www

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nahdie : kaena dianggape melbihi ketentuan KTSP,seharusnya KTSP maksimal perminggu 36 jam

      @Agus Salim :memang lembar verifikasi data yang terbaru tidak ada poin 17, poin17 diganti dengan keterangan data kelulusan sertifiaksi di bagian bawah

      Hapus
  9. Aslm, pak saya operator dari SMP IT ABN bogor saya mau tanya saya udah upload data dapodik terbaru tapi yang keluar masih data yg lama knpa yh pak..

    BalasHapus
  10. Mat malam pak, berapa hari proses perbaikan data yang kita kirim ke pusat pak baru di proses?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @yati : tunggu sinkronisasi data dari dapodik ke p2tk

      @riston : paling lama 1 minggu

      Hapus
  11. Sama aja gan masih susah 4 miror diatas untuk diakses, terkesan hanya untung-untungan untuk bisa login. nampaknya memang pemerintah belum siap untuk menghadapi masalah ini. Jadinya, para operator dapodik di sekolah ikut direpotkan dengan susahnya mengakses website tersebut,,, so ayolah pemerintah perbaiki semuanya agar kami merasa mudah dalam bekerja dan program berhasil dengan baik,,
    -salam dunia pendidikan.

    BalasHapus
  12. bisa lebih 1 minggu juga bang,,,

    BalasHapus
  13. Asw. P Agus, saya Utami sertifikasi tahun 2007. Kali ini data saya tidak muncul di data guru penerima SK sertifikasi. saya sudah memperbaiki data dapodik. Saya mencoba kembali membuka semua alamat cek data guru yang diberikan Bapak. tapi sudah puluhan kali mebuka jawabannya alamat tidak ditemukan. Mohon informasi paling mutahir barangkali sekarang sudah pindah lagi. Terima Kasih banyak.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. mau tanya pak,,
    saya sudah upload data beberapa kali. setelah saya cek data guru ternyata masih ada data guru yang tetap tidak berubah datanya, padahal sudah saya betulkan semua, dan disitu masih terdapat keterangan tanggal upload data yang lama. sedangkan untuk data guru-guru yang lainnya sudah betul dan sesuai dengan data yang terakhir/terbaru diupload,,
    mohon solusinya,,
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung cek SK saja..siapa tahu sudah terbit SK nya

      Hapus
    2. pak agus kami mau tanya teman Kami info PTK bermasalah poin 0 s/d 20 itu punya ABD SAMAD NUPTK 2548735636200013 SDN Tambaagung Ares II Kec. Ambunten Kab. Sumenep tetapi poin kelelusan sertifikasi Atas nama YULI WAHYUNINGSIH, SP.d SDN WONOMULYO 01 kab malang, Kanapa kok bisa bernama Orang lain termasuk nomor Peserta berbeda ABD SAMAD

      balas

      Hapus
  16. Data dapodik siswa tidak muncul,walau udah di kirim... gimana toh pak.. mohon balasan

    BalasHapus
  17. Malam Pak Admind...
    Mohon petunjuk.
    1. Di SD Kami Ada PTK yg data Dapodiknya sudah Valid. Tapi ada kesalahan pada masa kerja yang seharusnya TMT 2005 dg masa kerja 8 th. di Data verfikasi Dapodik kok 1 th.
    2. Ada kesalahan penulisan NUPTK di Aplikasi Dapodik, sehingga NUPTK tertulis Tidak Valid. Tapi ketika di cek melalui cek data tunjangan dg NUPTK yang salah tersebut datanya keluar, dan dg NUPTK yg benar malah tdk Keluar. Mohon Petunjuk. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. @SMKN : lo kok bisa gak muncul

      @SIklun : perbaikan melalui operator tunjangan dinas kab/kota, mungkin memang ada kesalahan NUPTK..gunakan NUPTK yang valid

      Hapus
  18. ass. pa. kendala saya di PTK. di aplikasi pendataan sudah saya input, tapi kenapa pas saya cek malah cuma 1 saja PTK nya. saya tkut malah jadi kendala buat kelangsungan guru guru dan kepsek selanjutnya. trima kasih. mohon solusinya.
    operator SD NEGERI BABAKAN 2 TANGERANG SELATAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. di dapodiknya bagaimana?, kalau yakin tidak masalah, coba cek secara berkala, kadang-kadang bisa berubah

      Hapus
  19. pa saya sdh masukkan nmr sertifikasi slh satu guru, dgn tahun sertifikasi tapi yg terjadi malah jam sertifikasinya tdk linier... krna nrg tdk ada dan nmr peserta tdk ada pdhl sdh memiliki sertifikat pendidik... stlh di cek di diknas yg mngluarkan nrg dari pusat... tpi anehnya ada beberapa guru yg tdk mndptkan nrgnya... skrg mnjjdi mslh krna jam liniernya tdk bernilai. tolong solusinya

    BalasHapus
  20. Ass.pak saya seorang kepsek kok jjm nya masih belum valid juga ,sudah sering kali saya online kan ,jjm tetap 18,apa solusinya lagi,sudah diulang mengetik data ,dihapus yg lama masih tetap 18 jam, apa jalan keluarnya,sementara yg sudah turun juga sk dirjennya,kalau demikian tentu tidak akan cair dana sertifikasinya,mohon bantuannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepsek harus mempunyai jam tambahan mengajar karna untuk kepsek 18 jam sdah otomatis dari dapodik.misal mengajar muatan lokal bahasa daerah kelas 4,5,6yg msng2 kls 2 jam/mngg sesuai KTSP sehingga apabila ditambah dengan yg 18 jam untuk Kepsek jmlh totalnya adalah 24 jam dan solusinya dirombel nama anda harus ada.... dan kirim lagi ke server pasti valid smg bermanfaat...

      Hapus
  21. ass.wr.wb. saya sudah input data dapodik saya tapi tugas tambahan sebagai kepala kepala perpustakaan tidak bisa terbaca.. kebetulan sya mengajar di 2 sekolah dan yang terbaca datanya di dapodik adalah sekolah tempat saya tidak sertifikasi.. bagaimana solusinya pak? mohon bantuannya..

    BalasHapus
  22. tanya kpd mas admin. saya mengajar tataboga smp bagaimana cara pengisian mapelnya ?

    BalasHapus
  23. tanya BOS, yang dimaksud kepala lab itu Apa ? lab sekolah atau lab IPA, IPS, Matematika, Fisika, Biologi atau lab bahasa bingung aku........! pastikan bos jawabannya biar terang benderang....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kepala laboratorium, disesuaikan dengan tersedianya sarana prasarana di sekolah, misal laboratorium IPA, Komputer kalau memang tersedia lab. IPS atau lab bahasa boleh diangkat Kep.Lab tersebut

      Hapus
  24. tanya pak bos katanya sudah ada penambahan server kenapa masih susah bukanya, apa terlalu banyak pengunjung sehingga kebingungan servernya?

    BalasHapus
  25. saya guru BW. smp sertifikasi tahun 2006. mengajar ips 24 jam tambahan kepala perpustakaan. kode mapel sertifikasi 210 (ekonomi,koperasi,akuntasi) setelah sya cek muncul ips kode 100. jam mengajar dianggap tidak linier hanya kep. perpus yang diakui sedang pilihan di dapodok tidak ada ekonomi, koperasi, akuntasi. mohon petunjuknya. mohon dibalas. terimakasih.

    BalasHapus
  26. Akan tetapi pak bos, setelah saya tanya ke orang yg saya anggap tahu makna permendiknas no. 26 th 2008, bahwa yang dimaksud kepala lab. yg dihargai 12 jam mengajar adalah kepala seluruh lab yg ada di sekolah, jadi membawahi ka lab IPA, Ka lab Bahasa, dan Ka lab mapel yg lain gitu bos. gimana nih bos ?
    (agus di Ponorogo)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja masukkan di dapodik, sistem akan menghitung jam kep.lab itu atau tidak..sudah dicoba belum

      Hapus
    2. mas, anonim, sama mas sya juga dari ponorogo dan kebetulan nama kita sama Agus juga ,,,

      ponorogonya dimana mas ??

      Hapus
  27. saya mengajar mulok (bahasa Arab) di SMP Islam, dan mendapat tugas tambahan sbg Waka Kurikulum..JM bahasa Arab 20 jm, dan Waka 12 Jm..tapi di data saya hanya tertulis 12 jm. apa mungkin karna bahasa Arab diannggap tdak linier dg ijazah saya? mhon penjelasannya. trims

    BalasHapus
  28. selamat malam.. pak, di sekolah saya semua guru termasuk kasek jm mengajarnya kosong/jjm sesuai kosong. sementara diaplikasi terinput semua. tetapi ada perbedaan data antara progres pendataan dengan data pd aplikasi yg saya update. pada aplikasi jumlah ptk 14 sedangkan saya cek 2 hari yg lalu pada progres pendataan 9 orang. dan pada hari ini berubah menjadi 12.ini pengaruh proses dari sistem atau bgmn,, mohon solusinya pak.
    terima kasih. dan selamat malam,,,,,,

    BalasHapus
  29. pagi pak agus,, saya guru penjas sd yang mengajar di 2 sekolah.18 jm sekolah induk dan 6 jm bukan induk. bagai mana agar di aplikasi ptk jjm nya menjadi 24 jam. mhon penjelasannya trimaksih

    BalasHapus
  30. pa ,adakah pencerahan buat bidang studi english di SD

    BalasHapus
  31. Pak maaf ini yg lg ngetren 2013 Dapodik tentang guru sertifikasi, terus utk tata usahanya gemana nasibnya,tukang imput data memasukan kedapodik ga ada apa apanya sedangkan guru ongkang-ongakang dapat sertifikasi.data tdk valid ribut ke operator padahal datanya yg ga linier.

    BalasHapus
  32. gimana pelaksanaan kurikulum 2013, dikaikan dg teman guru sertifikasi matpel TIK yg dihapuskan/ditiadakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tu mas Ruslan, dunia semakin canggih,,,, semua berbasis komputerisasi,,, tapi mapel TIK Dihapuskan.

      Hapus
  33. salam pak
    saya operator SD di kec. sibolangit
    kenapa ya pak, jjm linear untuk guru honor kami belum terisi? padahal jumlah jam mengajar sudah ada 25 jam?
    mohon solusinya pak?

    BalasHapus
  34. maaf pak ni admint data saya belumada ni gmna y??
    nama saya Rosmawati Sdn 03 curup kota, tolong kirim kemail saya data itu

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaikum Wr Wb. malam Admin, Sebelumnya NAma Saya Agus Op dari SMP Budhi Luhur Pekanbaru, yang saya ingin tanyakan mengapa koq semua data guru kami saat dicek data guru seluruhnya jadi 0 jam JJM Linearnya ...
    mohon Pencerahannya ..

    terimakasih
    wassalamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum wr wb

    saya Agus Operator SMP Budhi Luhur Pekanbaru (E2REDIKVQ),
    yang saya ingin tanyakan,,,,

    setelah saya upload terakhir. kenapa koq JJM Linear seluruh guru kami jadi 0 jam...

    mohon pencerahannya...

    wassalam

    BalasHapus