\ Cek Kualitas Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id

Cek Kualitas Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id

Share on :

Mungkin, selama ini guru/PTK tidak mempersoalkan atau kurang mempedulikan data dirinya. Memang pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada masalah yang berarti, hingga akhirnya mulai tahun ini dengan diberlakukannya pendataan sekolah secara online, maka semua unsur data sekolah termasuk PTK akan diupdate datanya berdasarkan data pada DAPODIK sekolah yang tentunya sudah diisi melalui aplikasi pendataan sekolah dan dikirim ke server pusat dapodik.

Ini tentunya berdampak pada guru yang sudah bersertifikat pendidik, mulai tahun 2013 penerbitan SK Tunjangan Profesi atau yang lebih dikenal dengan SK Dirjen akan didasarkan pada dapodik yang diupload ke Pendataan Sekolah. Maka dari itu mari kita pantau dan cek kualitas data PTK yang telah masuk di Dapodik.

Untuk melihat data masing-masing guru sudah valid atau belum, langkah yang dapat anda lakukan yaitu:
Buka alamat http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id 
atau alternatif alamat ini
Setelah masuk halaman utama, terdapat login box yang dapat kita gunakan dengan cara :
  • Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802
  • Jika login gagal, akan ada keterangan mengenai alasan kegagalan di bawah form.

  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik belum ter-import ke basis data.
Jika login berhasil maka akan muncul data PTK seperti ini


Ada 20 field data yang dapat ditampilkan, untuk melihat kelanjutan data lletakkan kursor pada tabel data, kemudian gunakan tombol arah/panah ke bawah, sehingga akan tampil seperti ini ..

 
Yang perlu diperhatikan pada data tersebut, PTK harus baca terlebih dahulu
Info Tentang Kelengkapan Data PTK Pada Dapodik Terkait Tunjangan

Yang terpenting pastikan data PTK kita yang terisi pada Dapodik Sekolah, yang dientry oleh Operator Sekolah benar-benar lengkap dan valid. tanyakan pada operator dapodik sekolah mengenai data anda, atau anda dapat baca..Cara Cek Dapodik Sekolah Melalui Pendataan Dikdas Kemdikbud

untuk melihat pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan kesalahan data KLIK DISINI

bagaimana cara memperbaiki data yang belum valid KLIK DISINI

terimakasih... 

UPDATE

sekarang kalau anda masuk di http://116.66.201.163:8083/info.php#, anda akan diberikan alternatif pengecekan data guru, silakan coba semua...

LAYANAN LEMBAR INFORMASI DATA GURU P2TK DIKDAS TELAH BERPINDAH ALAMAT KE :
Info (Mirror 3) | Info (Mirror 4) 


Anda sedang membaca artikel yang berjudul Cek Kualitas Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id. Silakan tinggalkan komentar atau sebarkan jika artikel Cek Kualitas Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id ini menarik dan bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan Cek Kualitas Data Guru/PTK Melalui p2tkdikdas.kemdikbud.go.id sebagai sumbernya. Terimakasih (Ttd : Agus Fanani)

482 comments:

  1. mengapa tdk bisa msuk lg ke situs nya???

    BalasHapus
  2. kenapa website nya tidak dpat dibuka ????

    BalasHapus
  3. gimana nich mas bro ko ga bisa di buka mulu????

    BalasHapus
  4. nga bisa dibuka.....
    dihantam nie ntar dri para guru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. website msh dlm perbaikan..sistem blm berjalan normal..krn sy coba cek..utk tugas tambahan guru blm terhitung, akibatnya kepsek jg beban ngjrnya kurang dr 24 jam

      Hapus
    2. pak aku mau nanya ni...
      di aplikasi data di sekolah gua itu kan banyak guru yang jam mengajarnya melebihi 24 jam...
      trus aq mau rubah kembali...
      tapi waktu saya periksa banyak guru mata pelajaran yang tidak ada di kolom rombol....
      saya tambahkan juga sudah tidak bisa... katanya "PTK yang dimaksud tidak memiliki record terdaftar sehinga tidak dapat diinput"....
      bagaimana ni solusinya pak..????

      Hapus
    3. klw melebihi 24 jam, gak masalah, yg jd masalah kurang dr 24 jam pak..yg pntng PTG diisi benar gak manipulasi, cek jg data PTK, jgn lp di refresh, cara nginput di kolom rombel, pilih nama PTK lalu didrag and drop. mksh..

      Hapus
    4. SDH DIDRAG PAK TAPI NGA JADI.....
      NGA MAU PINDAH...
      ROMBEL PTK SAYA UDAH KOSONG SEMUA NIEH

      Hapus
    5. saat login cek user, paswrd, semestr hrs benar.atau cari file db terakhir, atau dowload dr web pendataan sekolah anda, restore db, coba edit sekolah..

      Hapus
    6. itu dikarenakan ptk id nya belum terdaftar sehingga tidak bisa di drag biasanya mesin nya menuliskan data pt tersebut tidak terecord,coba pilih file export dan kemudian di import lagi ptk yng tdak bisa di drag itu dengan file delimited,dan pengaturan bahasa di kom anda harus bhs indo,pengalaman dari saya seperti itu.

      Hapus
    7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. sampai saat ini situs gabisa dibuka bos, gimana ni bos?

    BalasHapus
  6. pak mau nanya,,
    setelh dicek ternyata ada 3 data guru dlm 1 SD ternyta gaji pokok nya 0
    gmn tu pak caranya supaya gaji pokoknya bisa muncul??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan isi selengkap2nya data PTK PNS, riwayat SK kepangkatan,gaji berkala,tunjangan dll,jngn sampe trlewat satupun

      Hapus
  7. waaaahhh....uda 3 hari websitenya ga bisa dibuka, ada apa ini ?

    BalasHapus
  8. melihat komentar yang ada, sayang ya gak bisa.

    BalasHapus
  9. untuk memeperbaiki data ptk yang tidak memenuhi syarat itu bagaimana pak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki via aplikasi dapodik sekolah

      Hapus
    2. aplikasinya bs ddapat dmn ya?

      Hapus
    3. di http://rodajaman.blogspot.com/2012/12/download-file-seputar-aplikasi.html

      Hapus
  10. pak status ijazah tidak diakui, status kepagawain juga tidak diakui, tugas kepala sekolah kok tidak di akui itu bagaimana pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dapodik bpk..klw dapodik sdh benar, tp belum diakui, berarti sistem yg belum mengakui..

      Hapus
  11. website nya error terus neeh pak..
    dah 3 hari ni nyoba, gak bisa dibuka terus.. -_-

    BalasHapus
  12. Bp/ibu, coba langsung cek kealamat server : http://116.66.201.163:8083/info.php#
    Insya Alloh bisa dibuka.

    BalasHapus
  13. Abadi 20 Desember 2012


    Jika masa kerja keliru,bagaimana ? untuk mengisikan email bagai mana ?

    BalasHapus
  14. Data PTK udah saya kirim sesuai dengan data yang harus di isi, tapi kenapa masih saja ada data yang tidak valid terus gimana caranya spya data itu valid semua padahal saya udah mengirim data PTK it terus melalui Aplikasi Dikdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya,data benar dan beban kerja memenuhi 24 jam, pantau terus

      Hapus
  15. untuk edit data PTK nya bagaimana caranya.
    Karena DAta belum lengkap

    BalasHapus
  16. pak saya ngrim data ko ga bisa terkirim y?
    padaha sinyal kuat, servernya on terus kan?

    BalasHapus
  17. pa kenapa saya tidak bisa membuka P2TK, padahal di DAPODIK yang baru saya kirim Tgl Lahir sama NUPTKnya benar ??????????????

    BalasHapus
  18. saya sudah mengisi data dengan benar dan sudah sy kirim tetapi sy cek ada beberapa yang masih fatal, ini bagaimana apa harus dikirim ulang datanya

    BalasHapus
  19. Apa sih maksudhnya cek konversi

    BalasHapus
  20. pak kenapa ya data saya gak bisa dibuka. padahal nuptk n tgl lhirnya sudah benar di isi...? dan kenapa di bertugas diwilayah khusus kosong, sedangkan didata sekolah sudah terconteng daerah terpencil...? oy pak kalau sk izin operasional tidak diisi apa akibatnya...? apa dana bos n uang terpencil kami tidak keluar lagi pak../ mohon kejelasnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek di pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id klw data sdh sama dg yg dikirim hny tnggl nunggu proses di p2tk

      Hapus
    2. sudah saya cek data sekolah tetapi kenapa cm sekolah saya yang keluar cek konversi, maksudnya apa sy gak ngerti,,,? data guru sekolah saya cm data saya gak bisa dibuka, kenapa bisa gtu ya,,,? mohon bantuannya ya pak.

      Hapus
  21. sampai kapan sih prosesnya saya tiap hari mencek data p2tk tapi masih aja seperti itu padahal data yang saya kirim juga udah benar tapi tetap tidak memenuhi persyaaratan seperti data untuk guru agama bidang sertifikasinya udah saya isi kalau pendidikan agama islam tapi kenapa setiap saya cek masih saja kosong tolong d balas ya pak ?

    BalasHapus
  22. BOLEH TANYA GAK PAK ? APA BOLEH DATA GURU HONOR YANG TIDAK PUNYA NUPTK DIMASUKAN KARENA DIA BARU MAHONOR 1,5 TAHUN

    BalasHapus
  23. kenapa masa kerja dan jam mengajar dalam data dapodik saya masih fatal atau belum bisa keluar?, padahal jam mengajar sudah saya isi sesuai yaitu 24 jam.

    BalasHapus
  24. PA KENAPA YA STATUS DAPODIK SAYA MASIH CEK KONVERSI PADAHAL SUDAH DIKIRIM 5 HARI YANG LALU

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw anda ragu, kirim lagi jg gpp, kirim trs sampe data bnr2 lengkap

      Hapus
  25. Setelah saya baca setiap komen, prmasalahannya sama persis seperti yang saya alami, PTk tidak terrecord, tgl lahir salah, data kosong (fatal) padahal semua sudah diisi terutama data wilayah, email, no 17, dan 20. punya saya ada lebihnya NIP selalu muncul NIP lama, TGl lahir salah padahal di DAPODIK sudah betul. Pokoknya data tidak sesuai dengan yang dikirim via Dapodik. Bagaimana cara supaya data benar benar ssuai dengan sebenarnya?

    BalasHapus
  26. pak data kami da dikirim, tapi ternyata masih ada data yang belum diinput, jdi data PTK dan siswa ini belum terkirim pak, gmna cara ngirim ulangnya,,,, apa bisa dikirim ulang?

    BalasHapus
  27. Asslamu alaikum pak. mengapa hilang jumlah jam yang tertera pada data saya

    BalasHapus
  28. nama tugas tambahan kosong
    status kuliah kosong jadinya fatal
    bertugas diwilayah khusus kosong (fatal)
    bidang studi sertifikasi id kosong (fatal)
    jumlah jam mengajar sesuai kosong (fatal)
    Jadinya PTK yang bersangkutan tidak memnuhi syarat untuk menerima tunjangan profesi. Padahal sudah diisi lengkap.
    Kok bisa gitu ya???
    Solusinya gimana???

    BalasHapus
  29. Ass. gimana dengan status kepegawain fatal padahal waktu dikimim semua sudah valid??
    gimana solusinya pak??
    wslm........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Agus.....
      Saya mau Nanyak ni...
      Saya ngajar d Swasta SMA RK Lubuk Pakam, ada 8 Les Biologi dan 8 Les Kimia,,
      Trus saya ngajar juga d sekolah SD sebagai guru kelas
      Saya lulusan Tahun 2010...dan jurusan Kimia..
      apakah saya bisa sertifikasi.....?

      Hapus
    2. maksudnya 8 Les itu apa..8 kelas atau 8 jam
      syarat ikut sertifikasi SK Pengangkatan jd guru sebelum th 2005 baca di Informasi Sertifikasi Guru 2013

      Hapus
  30. pak knpa fatal klo guru kelas ID bidang sertifikasinya??? terima kasih

    BalasHapus
  31. yg bnyak brmaslh skrang ID bidang sertifikasi n JJM....penyebabnya ini apa,apa karna websitenya p2tk sedang dlam maintance?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak..krn ada konversi bdg studi dr yg lama (2007-2008) ke yang baru

      Hapus
  32. Kenapa bidang sertifikasi selalu kosong (poin 17) dan JJM juga kosong, padahal kami sudah mengirimkan data memalui aplikasi dengan lengkap ? (Dari Operator SD Negeri 06 Wonorejo, kec.Seponti Kab.Kayong Utara, Kal-Bar)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnrut saya banyak yg tdk valid atau fatal sedangkn data yg dikirim sudah benar mungkin karena ini



      Maaf system sedang maintenance.
      Mohon tunggu bbrp saat lagi.

      Hapus
  33. maaf mohon bantuan pa, kok data dapodik yang dikirim ke server hasilnya cek konversi apakah harus diperbaiki

    BalasHapus
  34. pak, bagaimana kalau data saya kurang benar?.Bagaimana cara membetulkan?.apakah kalau sudah dibetulkan, akan muncul data yang baru yang sudah benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnrt saya edit langsung dari aplikasi dapodik sekolah masing2 kmdian kirim kemnali

      Hapus
  35. sampai hr ini sama sekali blm bs dibuka pak. kenapa?

    BalasHapus
  36. asslm..
    saya mengerjakan data di 2 komputer, komputer sekolah (offline) dan komputer rumah (online). kenapa setiap saya coba restore selalu tidak mau ya pak?
    saya coba lagi pakai 2 komputer dan keduanya online. tetap tidak mau restore. duh bingung saya pak,,harus nulis ulang lagi..:"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk merestore tdk prlu online,mungkin aplikasi bermasalah

      Hapus
  37. untuk kepala sekolah saya semua sudah valid hanya pada jam tambahan masih 0 padahal saya sudah isi kemudian untuk guru yang belum memdapat sertifikasi guru data kode bidang sertifikasi semuanya 0 (fatal) ini juga sudah saya isi dengan lengkap, ada kesalahan di mana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sprtinya kesalahan di sistem pendataan pusat

      Hapus
  38. untuk kepala sekolah saya semua sudah valid hanya pada jam tambahan masih 0 padahal saya sudah isi kemudian untuk guru yang belum memdapat sertifikasi guru data kode bidang sertifikasi semuanya 0 (fatal) ini juga sudah saya isi dengan lengkap, ada kesalahan di mana ya pak?

    BalasHapus
  39. Assalam, , ,
    Sudah akhir tahun pak, belum ada ya solusi tentang semua masalahnya??
    Klo dibaca dari setiap komentar semua punya masalah yang sama,
    data yang dikirim sudah valid tapi masih banyak yang fatal...
    jadi bingung mesti ngapain???
    Solusinya apa????



    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum saja lah,tunggu saja pasti ada jln keluarnya..

      Hapus
  40. ternyata disekolah saya yg sertifikasi sudah memnuhi syarat menerima tunjangan profesi, tuk guru yg lain bermasalah di ID bidang sertifikasi permasalahannya sepele krna belum mempunyai NRG sehingga blum ditemukan database NRG. Jadi, untuk rekan2 semuaa utamakan dlu guru yg sudah bersertifikasi dan mempunyai NRG bagi guru yg belum tidak masalah

    BalasHapus
  41. SALAMMM... Saya RUBEN HINA MBILIYORA selaku guru merangkap admin dapodik, saya kurang mengerti tentang SK INPASSING. Darimana kami mendapatkan SK INPASSING ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentang SK Inpassing dpt dilihat di web p2tkdikdas

      Hapus
  42. mau tanya untuk mengisi data jumlah jam mengajar guru bidang study bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pelajari aplikasi pendataan sekolah silakan kunjungi infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

      Hapus
  43. mengapa data nrg plpg 2012 belum ada?

    BalasHapus
  44. Mohon maaf.....dilihat dari masalah temen-temen yg ada semua masalah kelihatannya sama...saya operator SMP N 1 Kedungadem kabupaten Bojonegoro mau tanya Kapan batas terakhir data dapodik ini....? terus kami sudah kirim data berulang2 kali tapi masih proses via aplikasi.padahal sudah 7 hari masih ae proses...kami sebagai operator terus dikejar temen-temen PTK krn banyak data mereka tidak valid...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. msalahnya sama pak..mungkin sistem sedang off,krn awal tahun ini akan ada pendataan utk BOS 2013

      Hapus
  45. Assalam,,
    Maaf pak kenapa nama tugas tambahan tidak bisa terbaca sedangkan sudah terisi lengkap.. sedangkan yang lain sudah terbaca dengan baik, kecuali tugas tambahan..
    solusinya apa???...
    mohon bantuannya yach...

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca cara perbaiki data PTK yang masih bermasalah di blog ini

      Hapus
  46. pak masalah gaji pokok yg tidak sesuai itu permasalahannya di gaji berkala atau apa ya???terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. riwayat gaji berkala,riwayat kepangkatan,TMT

      Hapus
  47. saya sebagai operator dapodik sekolah merasa bingung....
    data yang sudah diperbaiki dan dikirim berulang kali tapi setelah dicek masih belum berubah. masih ada yang tidak valid, fatal dll. tolong diproses lagi mas. mudah2an data yang dikirim terakhir bisa diproses. mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ikuti prosedur,edit di aplikasi kirim ke server,tunggu sampe statusnya berhasil diproses

      Hapus
  48. kami minta supaya setiap data kami yang salah dapat diinformasikan melalui imel / akun yang ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang nanti akan ada email dr p2tk,tp klw kita cek data kita salah,segera diperbaiki dulu via aplikasi pendataan sekolah..makanya kt cantumkan alamat email di data

      Hapus
  49. Kalau memang data sertifikasi kami kurang atau tidak valid, kami mohon supaya informasinya dikirimkan lewat imail /akun

    BalasHapus
  50. pak.. kita sudah mengisi full, tapi nda terisi di jumlah jam mengajar... gimana ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedang proses mungkin pak..kita tunggu aja,sy jg lg nunggu nih..

      Hapus
  51. pak.. kita sudah mengisi full, tapi nda terisi di jumlah jam mengajar... gimana ini?

    BalasHapus
  52. Assalam..
    pak disekolah yang saya entri ada salah satu guru yang tidak terisi kode bidang studi sertifikasi padahal NRG guru tersebut sudah diisi dengan lengkap. Sedangkan guru yang lain semua terisi.
    knp bisa seperti itu??.. Solusinya apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa ya..coba cek dengan teliti kode srtfikasi,no sertifikat pendidik/bukan no.peserta,tahun srtfkasi,dan NRG

      Hapus
  53. Bapak tolong di cek untuk data ibu NORMAWATI dengan NUPTK : 6048733635300013 SDN PUGAAN KEC.PUGAAN KAB.TABALONG KALIMANATAN SELATAN yang sampai sekarang masih seperti itu padahal tanggal lahirnya udah d perbaiki d data DEPODIK tanggal 16 juli 1955 tapi kenapa sampai sekarang tidak ada perubahan kasian kan pak kalau beliau belum masanya pensiun udah d pensiunkan gara-gara tahun lahir beliau salah tolong d proses segera ya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah sy cek,mungkin data di aplikasi pendataan sekolah ada yang salah NUPTK atau tanggal lahir, dicek di dapodik tanya sama operatornya

      Hapus
  54. Asslmqm,
    salam kenal saya cuma ingin sedikit mengungkapkan keluhan / bertanya tentang pengentrian dapodik:
    1. data yang telah dientri dan diupload tidak langsung di verifikasi oleh p2tkdikdas.kemdikbud.go.id sehingga para user dapodik harus menunggu hasil yang telah diupaload tersebut dalam beberapa hari.
    2. di p2tkdikdas ada ptk yang mengajar di sekolah lain demi melengkapi 24 jam namun hasilnya tetap hanya di jam mengajar di sekolah induk. jadi itu dianggap tidak valid oleh p2tkdikdas.
    3. untuk wakil kepala sekolah hanya jumlah jam mengajar saja yang masuk kedalam jumlah jam mengajar menurut p2tk dikdas sehingga itu dianggap tidak valid dan tidak dapat menerima tunjangan sertifikasi.
    4. untuk masa kerja apakah user juga harus mengitung setiap tahun sekali, atau sudah outomatis di hitung oleh dapodik/p2tkdikdas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. slm kenal jg..jgn ngeluh ya pak..klw tny boleh,sy jawab:
      1. betul
      2. di sek.induk dan bukan induk datanya hrs sama dan lengkap,nanti otomatis terbaca
      3. baca bagaimana cara perbaiki data di blog ini
      4. otomatis yg penting SK awal-akhir,TMT,pangkat lengkap

      Hapus
  55. As.Wr.Wb....!!! Nama saya Ahmad Tirmizi dgn NUPTK 6563745648200613, tetapi sampai skrg saya tdk tahu berapa no NRG saya padahal sudah lulus sertifikasi guru Desember th 2007.Saya cari pada SK 2010 sampai 2012 belum ketemu. Mohon bantuannya agar NRG dapat sy ketahui. Sy bertugas di SD Negeri No.31 Manggelewa, kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat. Atas bantuan dan kerjasama yang baik saya ucapkan terimakasih yang tiada terhingga. Wassalam...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkmslm..maaf Pak tarmizi,sy hnya bs ksh saran :
      1. cari di internet
      2. hubungi di dinas pendidikan
      3. cari di LPMP
      4. tny dg teman seprofesi di wilayah anda
      trmksh..

      Hapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. asslm,,
    pak saya sudah kirim ulang data karena ada beberapa tambahan, dan statusnya "data berhasil diterima dan diproses". tapi ketika saya cek di verifikasi data ptk, ternyata belum ada perubahan
    kok gitu ya??
    solusinya apa???

    BalasHapus
  59. assalam...
    pak saya kode srtfikasi,no sertifikat pendidik no.peserta,tahun srtfkasi,dan NRG.
    semuanya sudah cocok, tapi kenapa masih kosong dibagian kode bidang studi sertifikasi.
    apa mungkin karena guru tersebut berada di naungan kementrian agama???

    BalasHapus
  60. masa kerja kosong, gaji poko salah, gimana ?

    BalasHapus
  61. aslm.. apakah data yang berketerngan fatal harus d lngkapi? terutama data GTT? kan blm pnya No srtfks,Dll

    BalasHapus
  62. aslm mas mau nanya ni point yang 20 kenapa sekolah kami tidak sesuai dengan data hasil yng kami kirim. contohnya di sini sd negeri 08 tebat karai. tapi hasilnya berubah menjadi sd negeri 08 seberang musi

    BalasHapus
  63. assalamualaikum pak ...mau tanya
    aplikasi dikdasnya kok offline terus ?
    gimana solusi ngirimnya data perbaikanya ?

    BalasHapus
  64. assalamu'alaikum, pa maap saya mau ngirim data lewat aplikasi dapodik, situs aplikasi tidak dapat mengirim karena offline padahal saya sudah terhubung (online. saya coba refresh tapi tetap tidak bisa. kenapa ya?

    BalasHapus
  65. Tanya PAk, Kenapa JJM saya pada poin no 20 masih tetap kosong, padahal sudah saya perbaiki?
    Tolong bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  66. Apakah masih ada kesempatan memperbaiki data yang belum valid?

    BalasHapus
  67. Terimakasih kpd para pengunjung yg sudah berkenan memberikan komentar, dengan tidak mengurangi rasa hormat, karena beberapa pertanyaan bernada sama, saya sarankan baca Cara Perbaiki Data atau Pertanyaan yang sering muncul di blog ini

    BalasHapus
  68. Salam.....untuk Bapak dari kami Atas Nama SDM Mburukulu, pak mau tanya, kenapa status kuliah kami masih kosong padahal kami sudah mengisi dgn lengkap?

    BalasHapus
  69. mau tanya, kok punya saya nggak bisa login ya? tertulis tanggal lahir salah, padahal sdh sesuai tgl lahir.

    BalasHapus
  70. asslam,,
    maaf pak,, kenapa dari awal saya kirim data sampai sekarang di bagian tugas tambahan tidak bisa terbaca... Sudah ada lebih dari 3 kali saya kirim,, bagian tugas tambahan selalu saja kosong... ada apa???.
    Awe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkmslm..pada form PTK isi pd kolom tugas tambahan dan pd kolom riwayat terdaftar diisi 2 yaitu sbg guru dan sbg jabatan tugas tambahan lain baca di blog ini Cara Perbaiki Data

      Hapus
  71. Pak Selamat malam. Mau tanya, kok saya akses web ini http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/

    tidak bisa. padahal user dan paswordnya sudah benr. hanya ada pesan: login berhasil, tunggu sebentar. setalh saya tunggu keluar halamn logon lagi. mohon penjelasan. apa ada yang salah dengan web tersebut. sebab saya pengen download data terbaru saya. sebab kemarin belum back up local

    Atau ada cara lain untuk download data dapodok sekolah saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya bisa, cek koneksi..klw download database ya disitu

      Hapus
  72. Data Dapodik setelah dicek mengatakan sudah diterima sejak tanggal 19 Januari 2013. Sy kembali mengeceknya setelah 4 hari yaitu tanggal 23 Januari 2013 masih dalam status yang sama yaitu data diterima ( dalam arti belum diproses ). Mas Agus, mengapa demikian dan sampai berapa lama kita menunggu ? Terimakasih atas jawabannya, mas Agus...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca di http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/keterangan-status-file-pengiriman-data.html
      tergantung kualitas server

      Hapus
  73. data PTK saya sudah masuk di dapodik PTK tapi saya tidak bisa cek di login verifikasi data PTK

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin NUPTK salah atau tanggal lahir salah, cek di aplikasi dapodik sekolah

      Hapus
  74. SMP Hamparan Perak23 Januari 2013 pukul 18.03

    Pak, Kapan Terakhir batas pengiriman perbaikan data dapodik yang salah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya setiap ada perubahan data hrs secepatnya dikirim lagi..selagi msh diterima kirim aja terus

      Hapus
  75. Salam kenal...
    Mas, mohon penjelasannya . Mengapa ketika cek melalui Manajemen pendataan sekolah hasil data yang saya upload seperti : Data Sekolah, Daftar Sarpras, Daftar Rombel, Daftar Siswa dan PTK kok gak bisa muncul ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih..gak muncul coba baca di sini : rodajaman.blogspot.com/2012/11/cara-cek-dapodik-sekolah-melalui.html

      Hapus
    2. klik dulu nama sekolah anda

      Hapus
  76. Maz mohon bantuannya:
    KODE NUPTK : 045373563730012 kox belum bz masuk ke pengecekan veryvikasi padahal NUPTK dan Tgl lahir pada Aplikasi pendataan sudah sesuai.mohon penjelasannya!
    yang ke-2 kenapa pada jam mengjar guru isinya double padahal di aplikasi pendataan hanya 1 jam mengajar...terima kasih mohon bantuannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin tgl lahir terbalik2, cek lg di aplikasinya
      mohon kpd operator dapodik utk mempelajari sedetil2nya aplikasinya dan isi dg teliti

      Hapus
  77. Assalm,,,
    Maaf pak saya upload data cuma bisa sampai 6% gak bisa sampai 100%, kenapa begitu???
    mohon solusinya???

    BalasHapus
  78. Assalamu alaikum.....
    Maaf Pak, saya sebagai kepala sekolah SD Negeri 06 Wonorejo Kec.Seponti Kab.Kayong Utara Kalimantan barat, mengapa JJM saya dianggap kurang? Padahal Menurut PERMENDIKNAS No.39 tahun 2009 tentang Pemenuhan beban kerja Guru dan Pengawas satuan pasal 1 ayat 2 menyebutkan bahwa beban mengajar guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala satuan pendidikan (Kepala Sekolah) paling sedikit 6 jam dalam 1 minggu. Mohon penjelasannya. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkmsalam..betul pak utk kepsek min. 6jjm..cek diriwayat trdaftar diisi jabatan kepsek dan guru

      Hapus
  79. Assalam,,
    Pak kenapa bisa data yang kirim dan hasilnya baik, pada bagian total jam mengajar yang sesuai awalnya terisi dengan baik, tapi tiba-tiba waktu dicek ulang kolom tersebut jadi 0 jam belajar padahal sebelumnya terisi sesuai jam..
    gimana ini???.
    solusinya apa?

    BalasHapus
  80. Assalamu alaikum
    Saya mengajar di SMPN 5 Barabai bidang studi Matematika sebanyak 20 Jam perminggu, untuk memenuhi beban kerja sebanyak 24 Jam Per minggu saya juga mengajar di sebuah SMK swasta (SMK antasari Barabai) sebanyak 10 Jam perminggu, namun pada data DAPODIK tetap tercantum 20 jam perminggu (tidak memnuhi) padahal semestinya 30 jam perminggu, padahal oleh operator sekolah sudah dimasukkan pada riwayat mengajar dan sudah di upload...
    mohon masukan

    BalasHapus
  81. Assalamu alaikum Wr.Wb.
    Pak, bagimana kita tau bahwa data yang dikirim sudah diterima atau belum, dan bagaimana cara memperbaiki data yang salah karena JJM saya Kosong dan tugas tambahan kosong jg padahal sudah terisi sebelum dikirim. trima kasih .........

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca http://rodajaman.blogspot.com/2013/01/keterangan-status-file-pengiriman-data.html dan baca Bagaimana cara Perbaiki data yang salah di blog ini

      Hapus
  82. assalamualaikum WR.WB....
    Pak, Kenapa data yang saya kirim untuk data keseluruhan rata-rata banyak kesalahan di bagian jumlah mengajar,,,padahal di cek di entri data sesuai,,tolong info nya secepat nya kirim saja ke email sekolah saya,,sdnheuleut1@gmail.com

    BalasHapus
  83. mau tanya kalau tugas tambahan ga ada sehingga jam nya tidak memenuhi padahal ketika upload di masukan, gimana bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tdk hny diisi di kolom Tugas Tambhana, tp pd risayat teraftar diisi jabatannya

      Hapus
  84. mengenai tugas tambahan wakasek kenapa ya ko ga masuk masuk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. isi pada kolom tugas tamabahn, isi pd riwayat terdaftar : guru dan wakasek

      Hapus
  85. Ass. Mau nanya pak. Sy ngajar matematika smp 5 rombel maka JJM sy 25, JJM KTSP 20 tapi JJM Linier msh kosong. Kenapa bisa gitu pak? Solusix gmn? Trus klw mau diperbaiki,sampai kpn batas waktunya..? Trims pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jjm ktsp dihitung pd standar muatan kurikulum KTSP jadi nanti JJM bpk dihitung dr JJM linier, klw jjm linietr msh 0 tunggu sj sdg konversi kode sertifikasi

      Hapus
  86. Assalamu alaikum ......
    Maaf Pak, pada tgl. 1-2-2013 pukul 21.40 WIB saya buka web untuk cek data guru ternyata sudah tidak bisa. Apakah web ini sudah ditutup? Mohon Penjelasannya, terima kasih.

    BalasHapus
  87. assalamu'alaikum ....
    maaf pak saya operator dari SMPN 2 Kuripan
    saya mau tanya kenapa NUPTK seluruh guru tidak bisa dibuka di P2TKDIKDAS pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal format tanggal lahir sudah benar, bagaimana pak?

      Hapus
    2. coba anda kirimkan filenya ke email sy (sugainanaf@gmail.com)

      Hapus
  88. Maaf Pak, sampai kapan batas akhir pengiriman perbaikan data melalui aplikasi pendataan dikdas? Apakah pengiriman sekarang masih bisa diterima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kirim pasti diterima, tp tdk tahu bs diproses/tidak

      Hapus
  89. Maaf Pak, pada Data DAPODIK (p2tkdikdas) NUPTK 8155740643200003 a.n. Marjani tgl lahir 23/08/1962. tidak ditemukan, padahal entri dari aplikasi sudah benar dan sudah di cek oleh dari Dinas Diknas Kabupaten.
    apa penyebabnya dan bagaimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul pak..mungkin ada yg dobel NUPTK, atau cek lg salah di aplikasi

      Hapus
  90. Ass. Mau tanya pak, JJM/rombel utk mapel mat, ipa, bi dan bing di sklh bpk msng2 brp? Sbg pembanding bg kami, soalnya di dapodik kami isi 5 jam sesuai dg yg kami laksanakan. Setelah di cek ternyata JJM Linier hanya 4 jam. Apa kami hrs menambah rombel tuk memenuhi JJM 24?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami tetap menggunakan jam sesuai KTSP, krn walau ditambah jam yg diakui hny sesuai KTSP..menurut kebijakan masing2 sklh

      Hapus
    2. Pak saya sudah kirim data berulang-ulang tapi data tetap belum berubah terutama KS,guru agama ,olah raga dan guru kelas 5 mohon dibalas terimakasih

      Hapus
    3. tunggu sj sampai berubah sendiri

      Hapus
  91. anonim
    mas saya mau nanya kenapa data says sdh valid tiba2 hilang. dan saya mengajar bahasa inggris per minggu 5 kenapa di KTSP 0 dan Linier ny juga 0 tolong brkan penjelasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oo..jngn takut..pak..guru bhs inggris ya..bukan cm sampean aja..semua guru bhs inggris jjm ktsp n linier = 0 coba bpk tny2 sm rekan2

      Hapus
  92. ass...
    saya mau tanya pak...
    saya pengen lihat data depodik saya, tapi kenapa saya tidak bisa log in? padahal saya sudah memasukkan NUPTK dan pass tanggal lahir yang benar. kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa ibu sblmnya sdh pernah bisa login,klw sdh..coba login dilain waktu..tp klw ibu blm prnah bs login,maka kemungkinan ada kesalahan pengisian di aplikasi dapodik

      Hapus
    2. Saya belom pernah bisa login pak? bagaimana carax kita bisa tau ada kesalahan pengisian di aplikasi dapodikx? tadi saya udh cek di aplikasi depodik sekolah, UNPTK dan Tanggal lahirx yg di tertera di sana, benar ko' pak?

      Hapus
    3. klw ibu gak keberatan cb kirim nama sekolah,lengkap alamatnya ke email sy : sugainanaf@gmail.com utk sy cek

      Hapus
  93. saya udah mengrimkan dapodik yang terbaru.. tapi setelah d lihat dari verifikas guru... tappi datanya blum juga berubah.. mhon konfirmasinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. data yg dikirim lewat tgl 26-01-2013, utk sementara blm disinkronisasi di p2tk

      Hapus
  94. Pak kenapa dgn sistem di jakarta kok data kami masi saja tdk valid padahal udah benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg tdk valid ada brp orang,sertifikasi bid.studi apa,valid pd point brp?
      krn rata2 sampe saat ini hampir semua sdh valid,yg belum tgl TIK,Keterampilan,Mulok,guru SD yg bukan guru kelas

      Hapus
  95. Mau tanya, bagi guru sertifikasi dg kode 104 (Kesenian, Budaya dan Ketrampilan), sebaiknya mengampu pelajaran apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode 104 (sert.th.2007-2008) dikonversi mjd kode 217 (seni budaya)dan 227(keterampilan).klw skrg blm linier memang blm selesai sinkronisasi dan konversi kode bid.studi..tunggu saja

      Hapus
  96. slmt pg pak saya mau nanya knp bidang studi TIK, Ketrampilan dan mulok blm valid mohon dijelskan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf sy tdk bs menjawab,krn semua guru TIK,keterampilan, dan mulok lg nunggu datanya yang belum valid

      Hapus
  97. slm pg pak, guru yang srtifikasi bidang studi IPA fisika kode di sertifikasi 097, sedangkan bid studi fisikax no kode 184, tdk valid, sebenarnya no kode fisika itu brp mohon dijlskan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode 097 adlh kode utk IPA dan Fisika SMP dan dr dulu tdk ada perubahan kode. tp klw yg kode 184 adlh kode fisika SMA..jd sebenarnya sdr ini ngajar fisika SMP atau SMA?

      Hapus
  98. Saya salah satu operator Dapodik di Kab. Sumbawa Prov. NTB, mo minta pencerahan masalah data dapodik.

    1. bagaimana solusinnya jika data sekolah saya berbenturan dengan data sekolah lain ? (maksudnya ada sebagian siswa saya tidak masuk tapi diisi siswa sekolah lain, begitu juga dengan PTKnya Pak)

    2. setelah saya kirim ulang ke server ternyata berita yang saya terima "Pending Status tidak diketahui"

    3. Apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. mungkin bpk menggunakan kode registrasi sekolah lain bukan kode registrasi sekolah bpk atau operatornya bukan operator sekolah ya
      2. klw pending berarti blm diterima oleh server
      3. gunakan kode registrasi sekolah yg benar, gunakan username dan password sendiri jgn sama dengan sekolah lain

      Hapus
  99. Maaf Pak, kapan kira2 final verifikasi data dapodik?

    BalasHapus
  100. pak kalau misal semua data dalam laptop dan laptopnya rusak,,,semua data hilang... bagaimana solsinya pak ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa ada database backup lokalnya gak?klw ada instal lg aplikasi trs restore file db nya
      klw tdk punya backup-nya, download database yg pernah diupload ke Manajemen Pendataan

      Hapus
  101. nggak bisa dibuka ni web'nya Boss..??

    BalasHapus